Pembekalan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FKIK UNTAD

Program Studi Kesehatan Masyarakat FKIK UNTAD menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam pengembangan dan pelaksanaan Tri Dharma PT. Selain dalam proses belajar mengajar (PBM), juga telah banyak dijalin kerja sama dalam kegiatan penelitian dan pengabdian. Salah satunya dalam bentuk kegiatan magang yang dilakukan di beberapa instansi yang berkaitan dengan bidang ilmu kesehatan masyarakat.

Kegiatan magang merupakan pengenalan suasana kerja yang akan dihadapi oleh mahasiswa, agar dapat siap pakai dan siap terjun di dunia kerja setelah menyelesaikan studi. Untuk mencapai hal tersebut maka mahasiswa disiapkan lebih mengenal secara dini lingkungan kerja seorang Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM). Upaya upaya pengenalan dunia kerja dilakukan melalui proses belajar mengajar dalam pengalaman belajar lapangan (PBL), magang, kuliah dan orientasi program kerja d instalasi kesehatan dan lain sebagainya.

Kegiatan magang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akhir masa pendidikannya. Dalam program magang, mahasiswa secara individu diberikan kesempatan mengikuti program kerja di instansi pemerintah dan swasta yang mempunyai kegiatan berkaitan dengan upaya meningkatkan status kesehatan masyarakat. Instansi tersebut antara lain : Dinas Kesehatan Provinsi /Kota, Kantor Kesehatan Pelabuhan, BPJS Kesehatan, BUKAN, Puskesmas  Dinas Tenaga Kerja dan transmigrasi,  BAPPEDA Provinsi /Kota, UPT Promkes, BPS Sulteng, Bandara Sis Aljufri Palu, Dinas Bina Marga Provinsi Sulawesi Tengah, PLTU Manado, dan perusahaan swasta.

Kegiatan-kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa di bawah bimbingan pembimbing akademik dan instansi dituangkan dalam bentuk buku pedoman magang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *